INDO LEARNING

Knowledge, Learn and Share

Perkembangan Teknologi Konstruksi

/
/

Perkembangan Teknologi Konstruksi. Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang dangat pesat terutama pada bidang konstruksi terus mengalami. Di mana ditandai munculnya macam-macami jenis material dan peralatan yang modern.

Jika dahulu manusia memakai bambu sebagai dinding rumah, saat ini hampir sebagian besar manusia memilih tembok yang terbuat dari batu bata, lalu semen sebagai dinding. Kemajuan teknologi konstruksi tidak hanya menggunakan bahan yang tetbaru, melainkan dari alat-alat canggih yang digunakan untuk membuat produk konstruksi.

Maka dari itu alat-alat kontruksi yang berteknologi canggih yang bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan konstruksi saat ini. Dengan kemajuan alat dan bahan konstruksi yang semakin baik, maka konstruksi yang ada saat ini menjadi semakin berkembang terutama di kota-kota besar. Dalam proyek konstruksi ada jenis-jenis proyek konstruksi, berikut penjelasannya  :

1. Konstruksi Bangunan Perumahan atau Permukiman (Residential Construction)

Penataan yang diperlukan dalam jenis proyek tersebut untuk menata ruang (lingkungan) dengan mempertimbangkan perkembangan masa yang akan datang, dimana penataannya agar sistem saluran pembuangan mengikuti perkembangan Teknologi Konstruksi agar sampah lebih mudah terurai.

2. Konstruksi Bangunan Gedung (Building Construction)

Pembangunan yang termasuk dalam proyek konstruksi bangunan gedung seperti gedung perkantoran, kampus, atau perbankan. Dimana kontruksi jenis ini tidak hanya konstruksi gedung, melainkan penataan fasilitas yang tersedia seperti hydrant, lift, alat pemadam kebakaran.

3. Konstruksi Teknik Sipil (Heavy Engineering Construction)

Pada pengerjaan proyek konstruksi teknik sipil digunakan untuk elemen desain, keuangan, dan pertimbangan hukum tetap menjadi pertimbangan penting. Karena proyek ini sebenarnya tidak mengambil keuntungan yang banyak (nonprofit) tapi mengutamakan pelayanan masyarakat (public services) seperti pembangkit listrik, proyek jalan raya, proyek jalan kereta api, proyek bendungan, dan proyek pertambangan.

4. Konstruksi Bangunan Industri (Industrial Construction)

Pada proyek ini merupakan komponen yang penting dalam pengembangan bangunan industri. Dimana penataan diperlukan untuk lingkungan dan masyarakat. Termasuk dalam proyek tersebut seperti pabrik atau industri yang menghasilkan produk, sehingga proyek ini membutuhkan keahlian khusus di bidang perencanaanya, khususnya yang menyangkut desain dan konstruksinya. Perkembangan Teknologi Konstruksi untuk memudahkan pekerjaan para kontruksi agar bisa mengikuti modernisasi sehingga tidak terjadi tertinggalnya teknologi untuk kehidupan yang lebih baik.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :