INDO LEARNING

Knowledge, Learn and Share

Perkembangan Teknologi Kesehatan di Era Digital

/
/

Perkembangan Teknologi Kesehatan di Era Digital. Memasuki satu dekade terakhir, dunia kesehatan juga mengalami perubahan atau disrupsi yang cukup pesat. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan tentunya mempermudah pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Coba bayangkan, pasien bisa berkonsultasi dengan dokter hanya melalui aplikasi kesehatan daring (online) pada smartphone. Begitupun dengan pemesanan obat, pemeriksaan laboratorium, bahkan perawatan di rumah.

Bisa di katakan bahwa fokus perkembangan teknologi kesehatan di masa depan salah satunya di harapkan untuk memudahkan akses pasien pada pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, dunia kesehatan dan kedokteran juga akan semakin canggih dengan berkembangnya beberapa teknologi, contohnya :

1. Artificial Intelligence (AI)

kecerdasan buatan menjadikan perangkat mesin untuk melaksanakan berbagai tugas seperti manusia. Pada bidang kesehatan, AI dapat berupa chatbot atau asisten virtual yang memiliki fungsi sebagai administrator atau customer service.

AI juga di program untuk melakukan diagnosis penyakit atau pemeriksaan tertentu. Bahkah sekarang sedang dikembangkan robot untuk membantu dokter dalam melakukan operasi dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

2. Wearables (Perangkat yang di kenakan tubuh)

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan wearables, berupa gelang pintar. Kegunaan utama gelang ini adalah mengukur frekuensi dan target beragam aktivitas fisik, mendeteksi pola tidur, serta mengukur detak jantung. Dengan alat ini, kalian memiliki pengingat disaat gaya hidup kurang baik.

Di sisi lain, ada juga alat yang mampu memberikan hasil pantauan terkini pada pasien berisiko tinggi, untuk mendeteksi peluang terjangkit penyakit serius. Contohnya, oksimeter berfungsi memantau jumlah oksigen di dalam darah, dan sweat meter (pengukur keringat) untuk mengukur kadar gula darah pada penderita diabetes.

3. Blockchain

Jika harus berganti dokter atau dirujuk ke spesialis penyakit tertentu, kalian tahu betapa rumitnya mentransfer riwayat medis yang sudah ada. Akan tetapi tidak perlu khawatir, dengan adanya teknologi blockchain, proses ini dapat di otomatisasi. Dokter pun dapat melihat riwayat medis pasien secara lengkap. Sehingga kalian bisa segera mendapat penanganan dan pengobatan yang diperlukan dengan cepat.Perkembangan Teknologi Kesehatan di Era Digital memang harus ditingkatkan, agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik untuk semua masyarakat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :