INDO LEARNING

Knowledge, Learn and Share

5 Teknologi untuk Industri Pertanian Indonesia

/
/

5 Teknologi untuk Industri Pertanian Indonesia. Meski adanya pandemi covid-19 pada sektor pertanian masih memiliki kabar baik untuk keberlanjutan perekonomian di Indonesia.

Adanya sejumlah teknologi pertanian, bisa meningkatkan produktivitas untuk para petani. Maka dari itu perkembangan teknologi dalam pertanian untuk membantu dan meringankan pekerjaan para petani yang menggunakannya.

1. Produktivitas Tanaman yang Dihasilkan Lebih Tinggi

Dimana hasil pertanian produktivitasnya akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan pertanian secara tradisional. Maka dari itu sebaiknya para petani sudah mengikuti perkembangan teknologi.

2. Menghasilkan Produk Pertanian yang Berkualitas

Adanya penerapan teknologi pertanian yang modern membuat hasil panen yang melimpah dan produk yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang sangat baik. Teknologi pertanian yang ada bisa mengurangi penggunaan air, pupuk, bahkan pestisida.

4. Penggunaan Teknologi Pertanian yang Tepat

Penggunaan teknologi yang tepat akan membuat produktivitas pertanian semakin membaik dan cepat, karena tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penanamannya. Maka dari sebaiknya harus mengetahui jenis teknologi yang seperti apa saja untuk membantu pertanian.

Berikut ini akan dijelaskan 5 Teknologi untuk Industri Pertanian Indonesia :

1. Transplanter

Teknologi transplanter ini dari Litbang Kementan RI untuk penanaman padi. Teknologi ini membantu para petani untuk meningkatkan produksi padi hingga 30 persen dari biasanya.

2. Indo Combine Harvester

Indo Combine Harvester ini merupakan sebuah alat untuk panen padi yang bisa memudahkan para petani dalam proses pemotongan sampai proses pengantongan padi. Sehingga sudah tidak membutuhkan waktu yang lama seperti menggunakan tradisional.

3. Mesin Pemilih Bibit Unggul

Mesin bibit unggul ini banyak digunakan oleh perusahaan pembibitan, dimana mereka mengggunakan tahap ini untuk memilih bibit unggul mana yang bisa digunakan dengan baik.

4. Alat Pengering Kedelai

Alat pengering kedelai ini bisa mempercepat waktu pengeringan. Dimana para petani itu biasanya mengeringkan selama delapan hari adanya teknolgi ini bisa dipersingkat hanya dalam waktu satu hari.

5. Instalasi Pengolah Limbah

Adanya teknologi instalasi pengolah limbah, dimana limbah dari kotoran hewan ternak bisa menjadi pupuk organik. Ini menjadi nilai tambah bagi peternakan. Mari kita dorong petani kita di Indonesia untuk bisa memanfaatkan teknologi pertanian. Dimana industri pertanian di Indonesia harus mengkuti modernisasi di masa depan yang bisa memanfaatkan teknologi informasi dalam sektor pertanian.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :